Warga Tojo Unauna Panik, Getaran Gempa M 6.5 Terasa Hingga Manado

  • Whatsapp
Warga tojo Unauna berduyun-duyun menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat menuju ketinggian usai terjadi gempa berkekuatan Magnitudo 6.5, pada Senin 26 Juli 2021 malam. | Foto: Tangkap layar video
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6.5 yang mengguncang wilayah kabupaten Tojo Unauna, Provinsi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin 26 Juli 2021.

Gempa yang terjadi pada pukul 20.09 WITA itu membuat warga setempat panik.

Baca Juga

Informasi yang diperoleh menyebutkan, warga yang merasakan gempa menjadi trauma dan mulai mengungsi. Banyak warga dengan kendaraan roda dua dan empat memilih ke ketinggian karena takut dengan tsunami.

“Banyak orang sudah mulai mengungsi. Ada yang lari ke arah ketinggian di Desa Sansarino dan wilayah perkantoran di kantor bupati dan Polres,” kata Rafli, warga Ampana.

Dia juga menyebut warga sudah mulai memborong bensin untuk dibawa mengungsi. Kepanikan warga juga terlihat dari video yang banyak beredar di media sosial.

Dikutip dari laman BMKG, pusat gempa berada di laut, tepatnya 59 kilometer timur laut Tojo Unauna, Provinsi Sulteng.

Episenter gempa berada pada 0.73 Lintang Selatan (LS) dan LS,121.92 Bujur Timur (BT), pada kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa dirasakan (MMI): V-VI Ampana, V Poso, V Morowali, II-IV Bolmong Selatan, IlI-IV Bolmong Timur, III – IV Kotamobago, III-IV Buol, II-IV Bone, Il-IlI Bobong, II-III Konawe Utara, II – III Tomohon, IL – IIl Manado, II – Ill Kolaka Utara, II-IIIl Masamba, II Mamuju Tengah, II Polewali.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak mempercayai informasi yang tdak dapat dipertanggungjawabkan. ***

Berita Terkait

Google News