Waspada, Cuaca Ekstrem Masih Intai Sejumlah Wilayah

[Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 131
    Shares

Jakarta, JurnalNews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem pada musim pancaroba atau peralihan. BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi dilanda cuaca ekstrem, seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

“Saat ini beberapa wilayah Indonesia akan memasuki peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Biasanya ada potensi cuaca ekstrem, seperti hujan tiba-tiba sangat deras disertai petir dan angin kencang,” kata Plh Deputi Bidang Klimatologi BMKG Nasrullah, Senin (28/9/2020).

Baca Juga:

Nasrullah membeberkan tanda-tanda bakal terjadi cuaca ekstrem di suatu daerah. Biasanya terdapat tanda awan yang mengumpal seperti bunga kol menjulang tinggi dengan warna agak gelap jika akan terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

“Untuk itu masyarakat perlu mewasdai dengan melihat tanda-tanda awan yang mengumpal seperti bunga kol dan menjulang tinggi dengan warna agak gelap. Segera siap-siap akan terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan biasanya didahului oleh angin kencang” ujar Nasrullah.

Adapun, daerah di Indonesia yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem, sebagian Aceh, sebagian Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, hingga sebagian Kalimantan Barat.

“Kemudian, sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Tengah, dan sebagian Papua dan Papua Barat,” katanya. [***]

Sumber: iNews

loading...

Berita Lainnya

Google News