Waspada, Ini Ciri Kanker Payudara Stadium Satu

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Jurnalsulawesi.com – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit mematikan pertama di dunia. Penyakit yang banyak diderita oleh kaum Hawa ini memiliki beberapa faktor risiko.

Menurut Ina Sumantri selaku anggota dari komunitas Love Pink mengatakan bahwa ada ciri-ciri bagi mereka yang mengidap kanker payudara stadium satu. Ciri-ciri pertama ditandai dengan munculnya benjolan berbeda pada payudara.

Baca Juga

Benjolan yang munculnya tentunya tidak terasa sakit. Meski begitu, tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara.

“Ya tanda awal orang itu menderita kanker payudara stadium satu adalah munculnya benjolan ketika diraba. Meski begitu semua benjolan yang tumbuh tak berarti Anda menderita kanker. Perlu adanya pengecekan kembali,” ujar Ina saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2017).

Ciri-ciri selanjutnya yaitu adanya perubahan pada warna kulit sekitar payudara. Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan, seperti terjadi iritasi, tekstur kulit terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit.

Kemudian puting yang terasa sakit dan nyeri merupakan ciri-ciri lain bahwa Anda menderita kanker payudara stadium satu. Tanda lainnya, yakni keluar cairan tidak normal dari puting Anda.

Kendati demikian untuk lebih jelasnya, Anda pun harus rajin melakukan SADARI yang mempermudah Anda mengenali tekstur payudara Anda. Atau bila perlu Anda bisa memeriksakan kepada dokter terkait,” ucap dia.

“Guna mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium satu, cobalah untuk rajin melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulan. Rajin melakukan SADARI juga dapat membantu Anda mengenali tekstur jaringan payudara Anda sehingga jika merasakan ada sesuatu yang tidak biasa pada payudara Anda akan lebih menyadarinya,” ucap dia.[VVN]

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News